Rabu, 25 Juli 2012

Berlibur Menikmati Eksotisme Pulau Tidung




Jika anda bosan untuk berlibur di Jakarta yang hanya menyajikan suguhan gedung bertingkat dan mall, mungkin sebaiknya anda mencoba tempat wisata di luar kota yang cukup dekat yakni Pulau Tidung. Pulau Tidung adalah salah satu dari pulau-pulau berpenghuni yang masuk dalam kawasan Kepulauan Seribu.  Salah satu akses favorit menuju Pulau Tidung melalui daratan Jakarta adalah melalui Muara Angke. Ada kapal-kapal kayu bermotor dan berlantai dua yang siap menyeberangkan pengunjung.
Pulau Tidung yang lebarnya diperkirakan hanya 200 meter namun panjang sekitar 5 km, dikelilingi pantai dangkal yang bergradasi putih karena ditumbuhi karang yang nampak kasat mata dan dipenuhi ikan hias pantai yang tak hentinya berlenggok serasa mengibur pandangan mata.
Pulau Tidung yang terdiri dari Tidung Besar dan Tidung Kecil yang dihubungkan oleh jembatan panjang yang dinamakan Jembatan Cinta oleh penduduk setempat ini terletak di Kepulauan Seribu Selatan bagian barat, dengan jarak tempuh kurang lebih 3 jam perjalanan dari Muara Angke dengan kapal penumpang.
Lokasi ini paling banyak didatangi wisatawan. Jembatan yang panjangnya sekitar 2.5 km ini terkesan eksotik dan menawan. Apalagi pada saat “sunrise” & “sunset” tiba. Para wisatawan berlomba menuju jembatan untuk berfoto- foto menikmati keindahannya atau mengabadikannya dengan berfoto- foto.
angan berharap Anda akan menginap di hotel. Di Pulau Tidung, semua penginapan dimiliki dan dikelola oleh penduduk setempat. Sebagian besar adalah homestay atau rumah yang disulap menjadi penginapan. Beberapa penduduk juga membangun penginapan khusus yang terpisah dari rumah mereka. Penginapan-penginapan ini bahkan memiliki fasilitas AC dan kamar mandi di dalam. Jika anda yang ingin menikmati pemandangan bawah laut di Pulau Tidung, anda dapat dengan mudah untuk menyewa perlengakapan senam seperti snorkeling atau diving.
Waktu  yang tepa untuk berkunjung di pulau tidung adalah antara april sampai oktober. Cuaca cenderung cerah pada bulan-bulan ini. Di luar bulan-bulan ini, maka bersiaplah bertemu badai dari angin musim barat. Jadi jika anda sedang mencari tempat liburan yang tidak jauh dari Jakarta maka pulau tidung adalah pilihan tepat untuk berlibur bersama keluarga atau teman. 

Tidak ada komentar:

Posting Komentar