Rabu, 15 Agustus 2012

Ciri-Ciri Air Bersih dan Sehat




Air merupakan sumber kehidupan. Setiap hari air sangat dibutuhkan untuk kegiatan sehari-hari seperti mandi, masak, mencuci piring, mencuci baju dan kegiatan lainnya.  Bumi sering disebut Planet Biru, karena ¾ bagian permukaan bumi tertutup oleh air. Tetapi tidak jarang pula kita kesulitan dalam mencari air bersih, saat musim kemarau air sumur berubah warna menjadi keruh dan berubah.  Ya memang itu kenyataan yang harus dihadapi, tetapi jangan menyerah kita harus optimis bahwa masalah air dapat teratasi.

Air yang berubah warna dan bau dapat diatasi dengan menggunakan penyaring air tetapi tidak semua penyaring dapat mendeteksi zat-zat yang terkandung dalam air, untuk mengetahui kualitas air maka disarankan menggunakan alat Electrolizer (elektrolisis) adalah alat test air yang biasa digunakan dalam demonstrasi air Reverse Osmosis untuk menguji dan membandingkan kualitas air minum, alat ini bekerja dengan prinsip medan listrik anoda dan katoda yang digunakan untuk memisahkan kandungan zat besi dan mineral lainnya dari dalam air sehingga tampak seperti kotoran yang terapung di permukaan air. Dengan menggunakan alat Electrolizer RO maka kita mengetahui kualitas air yang kita gunakan dalam sehari-hari.


Air yang tercemar dan mengandung mineral tinggi akan mengganggu kesehatan tubuh kita, dan di bawah ini ada beberapa ciri-ciri air bersih dan sehat yang aman dikonsumsi, yaitu adalah sbb :
~ Air harus jernih atau tidak keruh. Kekeruhan dapat disebabkan karena butir-butir pasir  yang terkandung, semakin banyak butir-butir pasir makan semakin keruh air tersebut.
~ Air tidak berwarna, dengan kata lain air yang tidak berwarna maka tidak mengandung zat-zat yang berbahaya bagi tubuh.
~ Rasanya tawar dan tidak berbau. Apabila air rasanya asin atau asam maka air itu kualitas rendah. Air yang berbau maka di dalam air itu terjadi pelapukan atau mikroorganisme.
~ Kesadahannya rendah.
~Derajat keasaman (pH) nya netral sekitar 6,5 – 8,5 dan tidak mengandung zat kimia beracun.
~ Tidak boleh mengandung bakteri pantogen seperti Escheria coli atau sering dikenal E coli. Bakteri ini sering menyerang alat pencernaan manusia.

Lihat Video Electrolizer >>

Dari penjelasan sebelumnya, apabila ingin mengetes air itu bersih atau sehat jangan hanya melihat dari fisik saja tetapi kandungan yang ada dalam air tersebut. Gunakanlah air bersih, sehat, dan aman bagi Tubuh Kita. Jangan sembarangan mengonsumsi air karena dampaknya akan kita rasakan. Hidup sehat lebih bahagia. J

Tidak ada komentar:

Poskan Komentar